HPA (Herba Penawar Al-Wahida) Hpazero

Menjadikan Muslim yang Soleh,Sehat dan Mapan

Telapak Tangan dan Kaki Selalu Basah

Posted by hpazero pada 13 Agustus, 2008

Assalamu’alaikum wr. wb.

Pak, sejak kecil telapak tangan dan telapak kaki saya selalu basah pada siang hari terutama bila cuaca panas. Hal ini sangat menggangu aktivfitas saya sebagai seorang guru yang selalu memegang kertas. Tetapi jika malam hari hal itu tidak pernah terjadi, malah yang terjadi saya selalu kedinginan (tidak pernah merasakan panas/gerah) pada malam hari.

Penyakit apakah ini, dan bagaimana cara mengobatinya? Terima kasih atas jawabannya.

Wassalamu’alaikum wr. wb.

Zul

Jawaban
Waalaikumsalam. Wr.Wb

Saudara Zul Yth,

Tangan dan kaki sering berkeringat merupakan salah satu bentuk sensitivitas tubuh yang berlebihan. Banyak penyebab yang memungkinkan terjadinya keluhan ini antara lain karena kelenjar gondok kita yang membesar.

Suhu badan diatur oleh bagian otak yang dinamakan hipotalamus, selain itu kulit ikut pula mengatur suhu tubuh dengan jalan mengeluarkan keringat bila udara terlalu panas, badan terlalu panas atau demam. Penyakit TBC paru-paru biasanya akan menimbulkan keringat di malam hari yang kadang-kadang sampai membasahi baju penderita.

Orang yang dalam ketakutan atau emosi dapat mengeluarkan banyak keringat pada daerah tertentu, terutama pada telapak kaki, telapak tangan, muka dan dahi. Penyakit hipertiroid dapat juga menyebabkan banyak keringat.

Dalam kondisi normal, keringat yang keluar sekitar 50 cc per jam. Jumlah ini akan berkurang atau bertambah jika ada faktor-faktor berikut: suhu lingkungan yang tinggi, gangguan dalam penyerapan air pada ginjal (gagal ginjal), kelembapan udara, aktivitas tubuh yang meningkat sehingga proses metabolisme berlangsung lebih cepat untuk menghasilkan energi, gangguan emosional, dan menyempitnya pembuluh darah akibat rangsangan pada saraf simpatik.

Penyebab keringat berlebihan hingga saat ini belum diketahui secara pasti, namun ada dugaan gangguan dan hiperaktifitas pada mata rantai saraf simpatik sebagai pengendalikan pembentukan keringat atau hiperaktifitas pada kelenjar keringatnya itu sendiri.

Satu keluhan tersebut tidak dapat memastikan penyebabnya, mungkin bisa saja karena anda sedang stres sehingga stimulasi hormon menjadi meningkat dan timbul keringat banyak. Faktor lain yang bisa juga menyebabkan tangan mudah berkeringat, misalnya ada gangguan di jantung atau di lambung.

Untuk mengetahuinya diperlukan pemeriksaan yang lebih spesifik baik oleh dokter spesialis maupun melalui pemeriksaan laboratorium. Untuk menyembuhkannya harus disesuaikan dengan penyebabnya.

Di samping itu, cobalah anda lihat pada jari kelingking dan jari tengah, bila jari-jari tersebut terlihat bengkok (tidak semestris) mengindikasikan adanya permasalahan pada organ dalam dan pembungkus jantung. Sedangkan telapak tangan berpeluh menandakan seseorang mengalami gangguan pada selaput jantung, paru-paru, sesak nafas dan stres.

Sangat dianjurkan agar anda memperbanyak minum air putih, hal ini untuk menghindari terjadinya dehidrasi pada tubuh anda akibat keringat yang sering keluar tersebut, sekaligus dapat membantu menjaga stabilitas mekanisme kerja organ-organ tubuh yang memang memerlukan banyak cairan untuk melakukan fungsinya.

Cobalah mengonsumsi Omega-3 Softgel, Spirulina dan Madu. Omega 3 Gel dan Spirulina diminum 2 kapsul pagi dan malam, diminum 30 menit sebelum makan. Sedangkan madu, dua sendok makan madu dicampur setengah gelas air hangat, lalu diaduk hingga merata, kemudian diminum pagi dan malam. Lebih mengonsumsinya berbarengan dengan Omega 3 dan Spirulina.

About these ads

Maaf, form komentar ditutup saat ini.

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: