HPA (Herba Penawar Al-Wahida) Hpazero

Menjadikan Muslim yang Soleh,Sehat dan Mapan

Dampak KB Suntik

Posted by hpazero pada 8 September, 2008

Assalamu Alaikum wr. wb.

Saya seorang karyawan, dan sudah berkeluarga, dikaruani seorang anak, Alhamdulillah. Sekarang isteri saya lagi program KB dengan menggunakan KB suntik. KB suntik ini adalah yang ke-3 kalinya. Yang pertama KB suntik 1 bulan dan setelah menjalani suntik ini bulan depannya isteri saya haid normal seperti biasanya.

Karena kami belum planning kembali untuk punya anak, maka isteri saya melakukan suntik KB lagi yang 3 bulan. Setelah tiga bulan kemudian haid isteri saya tidak langsung datang. kemudian kami nunggu ke bulan keempat dan kelima tapi haidnya juga belum datang. Haidnya kembali normal setelah memasuki bulan keenam. Jadi keinginan suntik KB 3 bulan malah aktualnya menjadi 6 bulan haidnya tidak datang.

Saya sadar bahwa Haid itu adalah alamiah dan itu sudahkodrat wanita yang sudah digariskan Allah SWT.

Pertanyaan saya:

1. Apa pengaruh negatif penggunaan Suntik KB terhadap rahim perempuan?

2. Apa yang menyebabkan suntik KB 3 bulan, tapi malah aktualnya menjadi 6 bulan?

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih banyak.

Wassalam,

Mak.

Jawaban
Waalaikumsalam Wr. Wb.

Saudara Mak Yth.,

KB Suntik merupakan salah satu pilihan dari berbagai aneka alat pencegah kehamilan yang ditawarkan kepada masyarakat. Biar bagaimanapun, setiap alat tersebut, masing-masing mempunyai dampak positif dan negatif bagi penggunanya. Namun, ada satu dampak yang berlaku untuk semua, yaitu perubahan hormon.

Perubahan hormon tersebut menyebabkan perubahan siklus haid, ada yang tidak teratur dan bahkan, ada yang mundur beberapa bulan dari sebelum menggunakan alat KB. Seperti diketahui, bahwa haid terjadi karena adanya hormon estrogen dan progresteron yang secara simultan merangsang pembentukan lapisan endometrium (lapisan di dalam rahim.

Pembentukan hormon-hormon tersebut dilakukan oleh dua indung telur yang di dalamnya mengandung cukup calon sel telur (folikel). Perangsangan dari terbentuknya hormon tersebut adalah adanya hormon FSH (Follicel stimulating hormone) dan LH (Luteinizing hormone) yang dibentuk oleh otak.

Bila wanita mengalami ketidakberaturan siklus haid atau siklus haidnya mundur, berarti telah terjadi ketidakseimbangan hormon, di mana hormon estrogennya sangat rendah sementara hormon FSH-nya sangat tinggi. Sehingga menyebabkan tidak tercukupinya jumlah yang ideal dalam pembentukan hormon estrogen dan calon sel telur untuk dapat menekan pengeluaran hormon FSH, akibatnya haid pun tidak terjadi.

1. Pengaruh negatif dari KB suntik adalah perubahan hormon yang begitu drastis, terutama sangat mempengaruhi siklus haid seperti yang dialami isteri anda. Pengaruh positif, menurunkan risiko terkena gangguan pada sel telur seperti kista dan kanker. Karena kanker ovarium terjadi kalau ovariumnya aktif, mengalami pertumbuhan folikel. Tapi dengan menggunakan kontrasepsi hormonal, terutama pil dan suntik KB, proses itu pada ovarium ditekan, sehingga risikonya terjadi keganasan pada ovarium akan menurun.

2. Hal ini disebabkan oleh peningkatan dosis obat yang digunakan pada KB suntik sehingga menyebabkan perubahan hormon yang berakibat pada mundurnya siklus haid isteri anda.

Jika anda ingin melakukan progam KB secara alami dan isteri anda tidak dalam kondisi menyusui, isteri anda bisa mengonsumsi Teh Herba. Caranya, ambil 3 uncang Teh Herba, diseduh di cangkir, ditutup sebentar, lalu diminum setiap pagi dan malam hari. Pada pagi hari, minum 30 menit sebelum makan dan malam hari 2 jam setelah makan.

Maaf, form komentar ditutup saat ini.

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: