HPA (Herba Penawar Al-Wahida) Hpazero

Menjadikan Muslim yang Soleh,Sehat dan Mapan

Dengkul suka bunyi

Posted by hpazero pada 8 September, 2008

Assalamualaikum wr. wb.

Selamat pagi Pak Toto, saya mau tanya kenapa kalo saya sholat tiap mau sujut dengkul saya sering berbunyi? Apa itu disebabkan oleh penyakit? Apa orang yang berumur di atas 40 tahun seperti itu atau ada kelainan pada sendi dengkul saya?

Atas jawabannya saya ucapkan banyak-banyak terima kasih. Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.

Wassalam,

Ahmad Baihaqi
aqil_m

Jawaban
Waalaikumsalam wr. wb.

Saudara Ahmad Baihaqi Yth,

Dengkul suka bunyi bisa menjadi indikasi adanya radang sendi atau athritis, yang di dalam bahasa Indonesia populer dengan nama rematik. Radang sendi bisa disebabkan banyak hal, seperti ketidakseimbangan suhu dan angin di dalam tubuh, misalnya karena sering berada di ruang AC, suka duduk atau tidur di ubin tanpa alas; Pola makan yang tidak sehat; Karena faktor keturunan; Penyakit kencing manis dan sebagainya.

Untuk memastikan penyebab mana yang paling dominan memang sulit, bisa jadi penyebabnya hanya satu atau lebih dari satu. Tapi, ada baiknya jika anda melakukan rontgen, apakah hanya sekedar sendi atau sudah terjadi pengapuran atau erosi tulang di lutut kanan anda.

Biasanya, radang sendi disebabkan berkurangnya cairan yang berfungsi sebagai pelumas di persendian. Berkurangnya pelumas tersebut, menyebabkan setiap terjadi gerakan menimbulkan rasa sakit dan bunyi. Hal ini memang tidak nyaman, karena akan mengganggu setiap aktifitas.

Ketika rasa sakit menyerang, bisa dikompres dengan air dingin (batu es) yang berfungsi sebagai penghilang sakit (pain killer). Atau bisa menggunakan Minyak But-But untuk mengurangi rasa sakit dengan cara mengurutnya dari bawah ke atas. Di samping itu, perbanyaklah memakan sayur-sayuran atau buah-buahan yang mengandung vitamin D.

Jika anda menyukai susu, tidak ada salahnya jika mengonsumsinya setiap hari. Sebab, susu merupakan aset paling berharga untuk tulang. Susu yang banyak mengandung kalsium akan membantu pembentukan tulang kembali dan memperlambat hilangnya massa tulang.

Para ahli mengatakan, tiga gelas susu perhari sudah cukup karena kebutuhan tubuh akan kalsium sekitar 1000-1500mg/hari. Namun, harap diingat, tubuh tidak bisa menyerap kalsium tanpa adanya vitamin D. Sinar matahari pagi yang kaya dengan vitamin D akan membantu memperlambat berkurangnya kalsium di dalam tulang.

Jika memungkinkan, lakukan olahraga ringan. Sebab, olahraga menjadi bagian yang tak kalah penting dalam mengatasi nyeri sendi. Sebab, olahraga dapat menguatkan otot-otot, termasuk otot-otot di seputar persendian. Nah, makin kuat otot-otot di sekitar sendi, makin kokoh penahan sendi, sehingga membantu mengurangi tekanan pada tulang rawan dan persendian. Dengan demikian, gejala nyeri sendi juga akan bisa banyak berkurang. Serta perbanyaklah minum air putih, minimal 2,5 liter per hari, hindari makanan gorengan, berlemak dan bersantan.

Insya Allah, produk HPA yang dapat mengatasi masalah ini adalah Herba Tuju Angin, Radix dan Minyak But-But. Cara mengonsumsinya, 2 kapsul Herba Tuju Angin, Radix dan Ardisia, untuk pagi dan sore, diminum 30 sebelum makan atau 2 jam setelah makan. Sedangkan Minyak But-But cukup dioleskan pada sendi yang sakit setelah minyak dipanaskan di atas sendok makan dengan lilin atau korek api.

Maaf, form komentar ditutup saat ini.

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: