HPA (Herba Penawar Al-Wahida) Hpazero

Menjadikan Muslim yang Soleh,Sehat dan Mapan

Kaki sakit, asam uratkah ?

Posted by hpazero pada 8 September, 2008

Assalaamualaikum wr. wb.

Pak Toto yang dirahmati Allah Swt. Saya pria menikah, umur 29 tahun. Akhir-akhir ini apabila sehabis duduk agak lama dan akan berdiri lagi kaki terasa agak sakit sehingga untuk berdiri membutuhkan waktu. Apakah ini gejala asam urat? Apakah asam urat juga bisa menyerang usia muda? Bagaimana penanganannya? Sebelumnya terima kasih atas jawaban yang diberikan.

Hafiz

Jawaban
Waalaikumsalam Wr. Wb.

Saudara Hafidz Yth,

Asam urat sebenarnya salah satu jenis dari Rematik. Ada sekitar 100-an jenis rematik, namun yang membedakan asam urat dengan rematik pada umumnya adalah asam urat atau gout lebih menyerang di bagian sendi, khususnya sendi-sendi jari.

Asam urat adalah hasil akhir dari metabolisme purin, sedangkan purin adalah protein dari golongan nukleoprotein. Peningkatan asam urat akan terjadi bila produksi asam urat meningkat atau karena pengeluaran asam urat menurun.

Peningkatan produksi asam urat berasal dari makanan yang mengandung protein yang akhirnya meningkatkan pembentukan purin. Sementara pengeluaran asam urat dapat menurun akibat adanya penyakit ginjal atau karena pemberian obat-obatan tertentu.

Penyakit ini umumnya ditandai rasa nyeri hebat yang tiba-tiba menyerang sendi, seringkali di pangkal ibu jari. Serangan ini bisa juga terjadi pada persendian lain seperti pergelangan kaki, punggung kaki, lutut, siku, pergelangan tangan, tangan atau jari, juga termasuk juga ginjal.

Pada tahap yang lebih parah, selain menyebabkan hancurnya struktur sendi, juga bisa merusak struktur jaringan bawah kulit. Timbunan kristal asam urat tampak seperti benjolan kecil berwarna pucat yang muncul pada daun telinga, punggung lengan, bagian samping mangkuk sendi lutut dan pada tendon archilles.

Meski gejala asam urat dan rematik hampir sama, karena sama-sama menyerang sendi namum masih bisa dibedakan. Rematik disebabkan oleh peradangan pada sendi tulang sehingga disebut arthritis. Sedangkan asam urat disebabkan karena kelainan metabolisme sehingga meningkatkan kadar asam urat dalam darah.

Sebenarnya, asam urat tidak hanya menyerang orang dewasa, siapapun bisa diserangnya, terutama pada orang-orang yang tidak menjaga pola makan yang sehat. Atau dengan kata lain, asal makan saja yang penting kenyang.

Sebaiknya anda konsul ke dokter dan meminta pengecekan darah. Hal ini untuk mengetahui apakah anda mengalami asam urat atau bukan.

Sayangnya anda tidak menjelaskan berapa berat tubuh anda, karena berat badan yang kurang ideal bisa menyebabkan terbebaninya kaki anda. Di samping itu, posisi duduk yang salah juga bisa mempengaruhi terhambatnya pembuluh darah dan sistem saraf di tungkai kaki, sehingga ketika hendak berdiri kaki terasa sakit.

About these ads

Maaf, form komentar ditutup saat ini.

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: