HPA (Herba Penawar Al-Wahida) Hpazero

Menjadikan Muslim yang Soleh,Sehat dan Mapan

Manfaat mengkudu

Posted by hpazero pada 8 September, 2008

Assalamualaikum Wr. Wb.

Bapak Toto yang saya hormati,
Dari pengalaman saya mengkonsumsi herba khususnya herba Mengkudu, saya merasakan banyak sekali manfaatnya. Di antaranya pegal-pegal di punggung hilang, dan jarang sekali mengalami sakit kepala juga pernapasan menjadi lebih panjang. Dari pengalaman saya ini saya mulai memperkenalkan herba ini kepada kerabat saya, di antaranya ibu saya dan beliau juga merasakan khasiat yang sama. Beliau juga menceritakannya ke teman beliau sehingga banyak yang tertarik dengan herba ini.

Yang ingin saya tanyakan apa sebenarnya yang terkandung dalam Mengkudu sehingga berkhasiat seperti itu. Apakah Mengkudu juga bisa digunakan untuk menjaga stamina sehingga badan menjadi bugar? Apakah orang yang berusia lanjut baik mengkonsumsi herba ini?

Demikian pertanyaan saya atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih

Wassalam

Jdn

Jawaban
Waalaikumsalam Wr. Wb.

Saudara Jdn Yth.,

Mengkudu sudah dikenal sebagai obat penyembuh berbagai penyakit sejak tahun 100 SM. Dibawa oleh imigran dari Asia Tenggara ke Kepulauan Polynesia dan tumbuh subur di Hawaii di mana sekarang sudah menyebar dibanyak Negara seperti: India, China, Philipina, Amerika, Fiji, Florida, Kuba, Afrika,Australia, dan lain-lain, termasuk Indonesia.

Berbagai literature yang terbit di Amerika dan Eropa, salah satu nya buku “Liquid Island NONI (Morinda citrifolla) The Tropical Fruit 101 Medical Uses” yang di terbitkan oleh Woodland Publishing, Pleasant Grove, USA. Penulis buku tersebut adalah ahli nutrisi, pemenang Award peneliti terbaik dan penulis buku terlaris di Amerika, Mr. Neil Solomon, M.D.,Ph.D. Pada tahun 1997 dan 1998,beliau melakukan penelitian yang amat cermat dan telah mewawancarai lebih dri 40 dokter dan mengumpulkan data yang mewakili lebih dari 8.000 orang pasien pengguna sari buah Mengkudu, menyimpulkan bahwa 78% pengguna telah merasakan manfaat dari buah Mengkudu.

Mengkudu berperan aktif sebagai anti-mikroba, hipotensif (bisa menurunkan tekanan darah),anti-oksidan, menjadi bahan pembunuh serangga dan dilaporkan pula Mengkudu dapat bertindak sebagai obat penahan sakit (pain killer). Mengkudu sendiri mempunyai kandungan kimia seperti: Alizarin, asperulosid, xeronin, asid askorbik, morindin, skolopetin, karatenoid, niasin, sitosterol, alkoloid dan flavon glikosida.

Skolopetin misalnya, sangat efektif untuk menyembuhkan peradangan dan alergi. Bahan ini juga diakui mampu mengobati arthritis, Carpel Tunnel Syndrome (sakit, kebas dan rasa nyeri pada jari) dan alergi. Skolopetin berfungsi memperbesar pembuluh darah yang mengalami penyempitan dan melancarakan peredaran darah sehingga jantung tidak perlu bekerja terlalu keras untuk memompa darah.

Hal ini menjadikan tekanan darah pada tahap normal. Meski skolopetin yang berada dalam Mengkudu berkerja sinergis dengan nutraceutical (makanan yang berfungsi untuk pengobatan), ia juga mampu menurunkan tekanan darah tinggi pada titik normal, tapi ia tidak dapat merendahkan tekanan darah yang telah normal sebelumnya.

Kandungan yang Terdapat di Dalam Mengkudu:

1. Senyawa-Senyawa Terpenoid. Senyawa terpenoid adalah senyawa hidrokarbon isometric yang juga terdapat pad lemak/minyak esensial (essential oils), yaitu sejenis lemak yang sangat penting bagi tubuh. Zat-zat terpenoid membantu tubuh dalam proses sintesa organic dan pemulihan sel-sel tubuh.

2. Zat Anti-Bakteri Acubin, L. Asperuloside, Alizarin dan beberapa zat antraquinnon telah terbukti sebagai zat anti bakteri melawan golongan bakteri infeksi: Pseudomona aeruginosa, Proteus morganii, Staphylo-coccus aureus, Bacillius subtilis dan Escherichia coli. Pengujian selanjutnya menunjukkan bahwa kegiatan zat anti bakteri dalam buah Mengkudu dapat mengontrol dua golongan bakteri yang mematikan (pathogen), yaitu salmonella dan Shigella. Zat anti bakteri dalam sari buah Mengkudu mendukung kegunaannya untuk merawat penyakit infeksi kulit, pilek, demam dan berbagai masalah kesehatan.

3. Asam Asam askorbat yang di dalam buah Mengkudu adalah sumber vitamin C yang luar biasa. Vitamin C merupakan salah satu antioksidan yang bermanfaat untuk menetralisir radikal bebas (partikel-partikel berbahaya yang terbentuk sebagai hasil samping proses metabolisme, yang dapat merusak materi genetika dan merusak sistem kekebalan tubuh). Asam kaproat, asam kaprilat dan asam kaprik termasuk golongan asam lemak. Asam kaproat dan asam kaprik inilah yang menyebabkan bau yang tajam pada buah Mengkudu.

4. Nutrisi Secara keseluruhan Mengkudu merupakan bahan makanan bergizi lengkap. Zat-zat nutrisi yang dibutuhkan tubuh antara lain: karbohidrat, protein, vitamin dan mineral-mineral esensial juga tersedia dalam buah Mengkudu. Selenlum adalah salah satu contoh mineral yang banyak terdapat pada Mengkudu dan merupakan antioksidan yang hebat.

5. Scopoletin Zat-zat scopoletin dari buah Mengkudu dapat mengikat serotonin, salah satu zat kimiawi penting dalam tubuh manusia. Scopoletin berfungsi memperlebar saluran pembuluh darah yang mengalami penyempitan dan melancarkan peredaran darah. Selain itu Scopoletin juga telah terbukti dapat membunuh beberapa tipe bakteri, bersifat fungsida (pembunuh jamur) terhadap Pythium, Sp dan juga bersifat anti peradangan dan anti alergi.

6. Zat Anti – Kanker (Damnacanthal). Empat ilmuwan Jepang berhasil menemukan zat anti kanker pada ekstrak Mengkudu ketika mereka sedang mencari zat-zat yang dapat merangsang pertumbuhan struktur normal dari sel-sel abnormal K-rs-NRK (sel pra kanker) pada 500 jenis ekstrak tumbuhan. Ternyata zat anti kanker pada Mengkudu paling efektif melawan sel-sel abnormal.

7. Xeronine dan Proxeronine. Salah satu alkaloid penting terdapat dalam buah Mengkudu adalah xeronine, walaupun buah Mengkudu hanya mengandung sedikit xeronine, tetapi mengandung bahan-bahan pembentuk xeronine, yaitu proxeronine dalam jumlah besar. Proxeronine adalah sejenis asam koloid yang tidak mengandung gula, asam amino atau asam nukleat koloid-koloid lainnya denagn bobot molekul relatif besar, lebih dari 16.000. apabila kita mengkonsumsi proxeronine maka kadar xeronine di dalam tubuh akan meningkat. Di dalam tubuh manusia (usus) enzim proxeronine dan zat-zat lain akan mengubah proxeronine menjadi xeronine. Fungsi utama xeronine adalah mengatur bentuk dan rigiditas (kekerasan) protein-protein spesifik yang terdapat di dalam sel. Hal ini penting mengingat bila protein-protein tersebut berfungsi abnormal maka tubuh akan mengalami gangguan kesehatan.

Dilihat dari kandungan di atas, tentunya Mengkudu bisa dijadikan sebagai penjaga stamina dan cocok dikonsumsi oleh berbagai kalangan, baik dari anak kecil hingga usia lanjut. Karena, Mengkudu sendiri, pada dasarnya bisa menyembuh sekitar 22 penyakit, dari penyakit yang ringan seperti flu hingga kanker.

Untuk lebih mengoptimalkan hasil yang diharapkan, sebaiknya Mengkudu disinergikan dengan Habba Sauda dan madu.

Maaf, form komentar ditutup saat ini.

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: