Sering Mabuk Perjalanan

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Pak Toto yang tehormat, Saya saat ini berumur 30 tahun. Dalam 5 tahun belakangan ini sering mengalami mabuk perjalanan, terutama kalau naik mobil pribadi. Walaupun jarak yang ditempuh hanya sekitar 5 km. Gejala yang dirasakan adalah kepala saya langsung pusing, dan rasa tidak nyaman pada leher dan kepala bagian belakang. Akan bertambah pusing apabila kepala menyentuk jok/kursi.

Yang ingin saya tanyakan adalah:

1. Apakah ada penyakit tertentu yang menyebabkan orang gampang pusing/mabuk?

2. Obat herba apakah yang cocok untuk mengobati penyakit yang saya derita?

Terima kasih.

Andra Permana

Jawaban

Waalaikumsalam Wr. Wb.

Saudara Andra Yth,

1. Sebenarnya mabuk perjalanan disebabkan adanya gangguan di telingan bagian dalam. Akibat dari gangguan keseimbangan di dalam telinga tersebut menyebabkan zat histamin merangsang sel-sel saraf di otak sehingga menimbulkan rasa pusing yang sering disertai dengan rasa mual dan muntah.

Sistem keseimbangan di telinga bagian dalam yang disebut vestibular itu merupakan sistem yang sangat sensitif, sehingga bila terjadi ketidakseimbangan sekecil apapun langsung mengirim sinyal ke zat histamin, menyebabkan kepala menjadi pusing.

Memang tidak semua orang yang berbakat mabuk perjalanan mengalaminya di aneka kendaraan, ada yang mabuk hanya ketika naik mobil, bis, kapal laut atau pesawat terbang, tapi ketika naik kereta api tidak mengalami apa-apa. Hal ini, pada dasarnya, ketika di dalam kendaraan posisi tubuh tidak pernah seimbang. Ketidakseimbangan ini kemudian mempengaruhi organ-organ lain seperti mata dan lebih jauh lagi membuat saraf menjadi tegang sehingga merasa pusing kemudian mual dan muntah.

Di samping itu, mabuk perjalanan bisa disebabkan oleh kondisi tubuh yang kurang sehat, sehingga menjadi rentan sekali ketika terjadi perubahan-perubahan yang menimpa tubuhnya. Perut kosong pun bisa membuat mabuk perjalanan. Sebab, perut kosong berarti lambungnya kosong, sehingga produksi asam lambung berlebihan. Asam lambung yang berlebihan inilah yang menyebabkan terjadinya iritasi di lambung yang berakibat menimbulkan rasa mual.

2. Cara terbaik untuk mengatasi, tentunya harus tahu lebih dulu apa penyebabnya, apakah daya tahan tubuh sedang melemah, atau ada trauma psikis yang membuat selalu tak nyaman bila berada di belakang kemudi, dan lain sebagainya.

Sayangnya anda tidak menjelaskan apakah sedang menderita hipertensi (tekanan darah tinggi)? Atau apakah anda sudah mengecek kadar kolesterol dan trigliserida di dalam darah anda? Karena, gejala-gejala yang anda sebutkan mirip dengan gejala dari tekanan darah tinggi dan orang yang meningkat kadar kolesterol atau trigliseridanya.

Jika anda ingin mencoba herba, anda bisa mencoba Omega-3 Kapsul, Mengkudu dan Teh Herba. Cara mengonsumsinya, 1 kapsul Omega-3 dan Mengkudu pada pagi hari dan 2 kapsul sore atau malam hari. Diminum 30 menit sebelum makan. Sedangkan untuk Teh Herba, ambil 2 uncang teh tersebut, lalu diseduh di cangkir hingga suam-suam kuku. Sebaiknya diminum bersama Omega 3 dan Mengkudu.

Di samping itu, anda pun bisa mengunyah permen jahe atau minum wedang jahe sebelum naik mobil. Jahe dikenal sangat baik untuk menetralisir kerja zat histamin agar tidak merangsang ke otak, sehingga rasa pusing dan mual bisa diminimalisir.