HPA (Herba Penawar Al-Wahida) Hpazero

Menjadikan Muslim yang Soleh,Sehat dan Mapan

Herba untuk hamil muda

Posted by hpazero pada 6 September, 2008

Assalaamu ‘alaikum wr. wb.

Yth. Pak Toto Isteri saya, usia 23 th, sedang hamil muda sekitar 1,5 bulan. Sering mual-mual, kepala pening dan badan lemas. Pernah suatu hari muntah-muntah sampai semua makanan dan minuman yang dikonsumsi (susu, buah-buahan, teh manis, air, dan sebagainya) dimuntahkan kembali. Praktis sehari itu tidak ada makanan/minuman yang terkomsumsi, sementara frekuensi muntahnya sering sekali. Beberapa kali muntahnya sampai berdarah dan sempat pingsan.

Pada sore harinya kami memutuskan pergi ke bidan yang pertama kali memeriksa kehamilan isteri dan kami kemukakan keluhan-keluhan isteri. Oleh bidan kami diberi tiga macam obat (yang dua macam diminum sebelum makan, yang satunya lagi diminum setelah makan). Katanya untuk mengurangi rasa mual sehingga bisa mengkonsumsi makanan. Setelah mengkonsumsi obat tersebut, isteri saya bisa mengkonsumsi makanan dan minuman (walau sedikit-sedikit) tanpa dimuntahkan kembali.

Saya khawatir obat yang dikosumsi isteri ada efek sampingnya terhadap janin. Sebagai tambahan, isteri saya punya penyakit maag yang cukup parah dan sering malas makan.

Mohon penjelasan dan saran dari Pak Toto. Terima kasih. Jazakumullaahu khairan katsira.

Wassalam,

Alwan

Jawaban

Waalaikumsalam Wr. Wb.

Saudara Alwan Yth,

Dari awal kehamilan hingga memasuki bulan ketiga, pengalaman yang dialami setiap wanita berbeda-beda. Ada yang mengalami morning sickness dan ada yang tidak. Kendati demikian, secara umum 50-90% wanita hamil mengalami hal tersebut. Morning sickness sendiri disebabkan oleh turunnya kadar gula dalam darah yang ditimbulkan hormon kehamilan.

Akibat muntah-muntah ini, banyak wanita hamil yang mengabaikan pola makan dan kebutuhan gizinya. Padahal, gizi yang dibutuhkan pada trimester (tiga bulan) pertama ini sangatlah penting dan tidak kalah penting dengan trimester dua dan tiga, sehingga perlu dijaga jangan sampai kekurangan.

Muntah-muntah tidak hanya membuat tubuh menjadi dehidrasi tapi juga membuat lambung semakin teritasi, tak mengherankan jika sampai mengeluarkan darah. Jika isteri anda sampai jatuh pingsan itu disebabkan karena beliau kekurangan kalium dan rendahnya kadar gula.

Di saat kehamilan hamil pada trimester pertama memang mempunyai banyak kendala, terutama bagi yang menderita maag, sebab hormon mampu merubah selera makan dari yang normal menjadi tidak normal, dari yang malas hingga dibuat menjadi benar-benar tidak mau makan sekali. Perubahan hormon inilah yang sering disebut-sebut orang dengan nama ‘ngidam’. Padahal, dalam medis, istilah ngidam tidak dikenal sama sekali.

Pada kehamilan 1,5 bulan, merupakan saat pembentukan organ janin, pada saat inilah dibutuhkan asupan makanan dan gizi yang bisa membantu pembentukan organ itu berjalan lancar. Sedikit banyaknya, tentu ada dampak obat yang dikonsumsi isteri anda mempengaruhi pembentukan organ janin. Saya kira sebaiknya dihentikan pemberian obat tersebut.

Sebab, pada tiga bulan pertama kehamilan, janin berada dalam periode pembentukan organ, bila status gizi terganggu atau tidak baik seperti kekurangan asam folat, mikro element seng, dan zat gizi lainnya, maka pembentukan otakpun tidak bisa berjalan dengan otpimal dan tidak tertutup kemungkinan akan menyebabkan terjadinya cacat bawaan pada susunan saraf pusat dan otak janin. Tentu saja, kelainan tersebut tergantung pada seberapa berat kekurangan gizi sang ibu.

Ada baiknya isteri anda banyak mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan seperti pisang yang kaya dengan kalium. Hindari perut kosong karena akan menyebabkan asam lambung meningkat. Untuk mengatasinya, banyaklah ngemil makanan yang sehat seperti buah-buahan atau kentang rebus.

Guna menetralisir asam lambung, minumlah madu. Caranya, tuangkan 3-4 sendok makan Madu ke dalam botol air mineral 600 ml, lalu kocok hingga 300x. Tujuannya untuk membentuk menjadi air heksagonal. Air heksagonal dipercaya mengandung alkali (basa) yang tinggi sehingga sangat baik untuk menyeimbangkan asam lambung yang tinggi.

Jika ingin mengonsumsi herba, bisa Spirulina, diminum 2 kapsul menjelang tidur. Setelah usia kehamilan menginjak 2 bulan, beri Omega 3 kapsul. Herba ini membantu dalam membentuk pertumbuhan dan perkembangan sistem otak. Cara minumnya sama dengan Spirulina.

Jadi, selama kehamilan, herba yang dibutuhkan hanya tiga, yaitu Omega-3 Kapsul, Spirulina dan Madu. Insya Allah jika meminum ketiga herba tersebut secara teratur perkembangan janin akan terjaga dan kondisi sang ibu pun akan dalam keadaan kesehatan yang prima.

About these ads

Satu Tanggapan to “Herba untuk hamil muda”

  1. Robi Nur cahyono berkata

    Assalamualaikum wr.Wb
    Pak. Toto saya mempunyai teman peremupan usianya kira-kira 25 tahun. mempunyai probelem yaitu masalah jerawat di wajah yang tak pernah sembuh.Untuk menghilangkan secara total apa yang pak obatnya biar racun dari dalam tubuh dan wajah bisa keuar semua? trima kasih sebelumnya.
    Wassalamualaikum Wr.Wb

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: