Pemakaian teh herba

Assalamualaikum Wr. Wb.

Pak Toto, mohon informasi lebih jelas perihal aturan pemakaian Teh Herba, karena informasi di kotaknya hanya disebutkan ‘Rendam 1 uncang teh ke dalam secawan air panas’. Yang dimaksud ‘secawan’ itu berapa ml? Apakah boleh di campur gula atau madu? Terima kasih atas penjelasannya. Jazakallahu khoiron.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Asri Muljati

Jawaban

Waalaikumsalam Wr. Wb.

Saudari Asri Yth,

Teh Herba yang bahan dasarnya terbuat dari daun pegagan merupakan salah satu herba yang direkomendasikan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) sebaik salah satu herba terbaik di dunia karena manfaat dan khasiatnya begitu besar bagi kesehatan manusia.

Namun, untuk memperoleh manfaat dan khasiat yang optimal diperlukan dosis yang tepat. Biasanya, setiap produsen obat herba selalu mencantum dosis standar. Yang dimaksud dengan dosis standar adalah dosis yang digunakan untuk menjaga kesehatan dan stamina penggunanya. Begitu pula dengan setiap produk HPA, selalu mencantum dosis standar tersebut.

Tapi, bila sudah ditujukan untuk mengobati penyakit, maka dosis itu bisa berubah sesuai dengan tingkat keparahan pasien. Misalnya, seorang penderita epilepsi atau ayan akan diberikan dosis yang lebih besar yakni 4 uncang Teh Herba atau lebih untuk dua kali minum pagi dan sore. Dosis tinggi ini dipercaya bisa membantu dan memperbaiki sistem saraf dan sel-sel otak yang rusak akibat adanya manifestasi klinis berupa muatan listrik yang berlebihan di sel-sel neutron otak penderita. Bila diberikan dosis standar, maka daya kerja Teh Herba yang sangat bagus untuk sistem saraf manusia tidak akan berarti apa-apa.

Yang dimaksud secawan (dalam bahasa Malaysia) artinya satu cangkir dalam bahasa Indonesia. Jika anda selalu mengikuti bahasan yang ada di Klinik Herba, tentu anda tidak akan bingung dengan istilah ini. Karena, hampir setiap terapi dengan herba saya hampir selalu memberikan Teh Herba sebagai salah satu obatnya, lengkap dengan keterangan dan cara pemakaiannya. Selain itu, saya selalu merekomendasikan bila ingin minum Teh Herba dicampur dengan Madu, bukan dengan gula apalagi pemanis buatan.