Alergi dan Ketombe

Mas Totok Yth,

Saya punya anak saat ini berumur 12 tahun, tinggi 160 cm, berat 50 kg hingga saat ini anak saya mempunyai keluhan:

Alergi jika makan telor, dan jika makan telur akhirnya akan timbul gatal dan berakhir melenting (Jawa), di dalamnya bersi air, dan setelah sembuh menyisakan bintik hitam yang sukar sembuh. Herbal apa yang cocok ya Mas?
Berketombe, merata di sekujur kepala padahal setiap hari keramas namun tetap saja berketombe, sudah diupayakan sampo: Clear, Neriil, bahkan jeruk nipis, namun tetap tidak ada perubahan (ybs. berjilbab). Mohon solusi atas masalah yang kami hadapi Mas. Terima kasih.
Wassalam,
Djaka Suryadi

Jawaban
Saudara Djaka Yth,

1. Alergi adalah suatu penyakit yang manifestasinya bermacam-macam. Pada dasarnya manifestasi alergi disebabkan oleh adanya paparan terhadap alergen (bahan alergenik). Misalnya: Dihirup seperti serbuk tanaman (pollen), debu rumah, bulu binatang -kucing, anjing, burung; Dimakan: susu sapi, ikan, ayam, telur, kacang-kacangan, coklat, buah, obat; Kontak dengan tubuh seperti memakai kosmetik, bahan kimia yang alergenik dan lain sebagainya.

Cara terbaik untuk mengatasi alergi adalah dengan menghindari penyebab alergi tersebut, bila anak anda alergi setelah makan telur, sebaiknya jangan diberi telur tapi diberi lauk yang lain yang tidak menimbulkan alergi. Bintil-bintil berisi cairan itu merupakan penolakan tubuh terhadap zat-zat yang terkandung di dalam telur. Anak anda bisa mencoba menggunakan Bedak Tompok Hitam produk HPA.

2. Ketombe, sebenarnya disebabkan oleh jamur yang disebut Mallassezia. Jamur ini dapat menyebabkan kulit kepala yang semula berminyak menjadi kering, lalu menjadikan kulit kepala menjadi sel kulit tua yang menyebabkan gatal, lalu rontok menjadi serpihan-serpihan kecil yang kita sebut ketombe.

Malassezia sendiri adalah genus jamur lipophilic yang merupakan bagian dari flora normal kulit kepala manusia. M. restricta dan M. globosa memakan protein dari folikel rambut. Penyerapan sebagian protein yang tinggal di kulit menyebabkan iritasi di kulit kepala yang menyebabkan terjadinya ketombe, rasa gatal yang hebat, kemerahan dan iritasi.

Saya kira tidak ada salahnya jika anak anda berkeramas dengan menggunakan Tea Tree Oil. Minyak ini selain bisa menghilangkan gatal-gatal pada rambut juga membersihkan ketombe pada kulit kepala. Cara memakainya, setelah rambut dibasuh, olesi rambut anak anda dengan minyak ini hingga merata, diamkan hingga 3-5 menit, lalu bilaslah hingga bersih. Kedua herba tersebut, Bedak Tompok Hitam dan Tea Tree Oil tersedia di stockist hpa.