Eksim Menahun

Assalamualaikum.

Saya sudah mengalami penyakit eksim di kaki selama bertahun-tahun, sering kambuh jika banyak mengkonsumsi ikan laut. Apakah ada pengobatan alternatif dengan herba untuk menyembuhkan eksim tersebut? Syukron.

Wassalam,

Wadi

Jawaban
Waalaikumsalam wr. wb.

Saudara Wadi Yth.,

Eksim merupakan penyakit kulit yang mengalami peradangan. Itu dapat terjadi karena bermacam sebab dan timbul dalam berbagai jenis. Umumnya eksim menyebabkan pembengkakan dan rasa gatal pada kulit. Secara umum eksim memang tidak berbahaya, dalam arti tidak membahayakan jiwa dan tidak menular. Namun, eksim dapat menyebabkan rasa tidak nyaman dan amat mengganggu.

Eksim muncul dalam beberapa jenis, masing-masing memiliki indikasi dan gejala yang berbeda. Salah satunya adalah alergi. Dalam kasus anda, eksim anda timbul dan tumbuh setelah mengonsumsi hidangan laut. Oleh karena itu, sebaiknya anda menghindari hidangan laut sebelum eksim anda sembuh total. Karena jika tidak, alergi tersebut akan resistan dengan obat-obat yang telah anda minum.

Bila sudah resistan, maka eksim tidak hanya menimbulkan gatal, tapi juga komplikasi. Bentuk komplikasi eksim seringkali menimbulkan infeksi pada kulit yang pecah-pecah dan meradang. Jika di kulit tangan ada strip merah seperti goresan, mungkin mengalami selulit (cellulitis), infeksi bakteri yang terjadi di bawah jaringan kulit.

Selulit muncul karena peradangan pada kulit yang terlihat bentol-bentol, memerah, berisi cairan, dan terasa panas saat disentuh. Selulit muncul pada seseorang yang sistem kekebalan tubuhnya tidak bagus. Jika hal ini terjadi, segera konsultasi ke dokter spesialis kulit.

Untuk herba, kakak anda bisa meminum Coscinium Plus, 2 x 2, Mengkudu 2 x 2, dan Teh Herba 2 x1, diminum 30 menit sebelum makan. Sedangkan untuk pemakaian luar bisa diolesi Tea Tree Oil, pemakaiannya tipis saja di tempat-tempat yang gatal.