Gatal didalam kulit

Assalamualaikum, Pak Toto.

Semoga Allah melimpahkan kesehatan bagi kita semua. Ibu saya berumur sekitar 55 tahun. Ibu sering mengeluh gatal-gatal di seluruh tubuhnya, bukan di luar kulitnya tapi di dalam kulitnya mengikuti peredaran darah. Pada waktu check-up bahwa ada saraf ibu yang bermasalah. ibu saya juga menggemuk badannya terlebih di sekitar perut dan kelebihan kolesterolnya mendekati posisi tidak normal. Sampai-sampai pahanya kananya sekarang agak bantat (keras). Kemudian ibu juga merasa sering masuk angin sehingga sering sesak daerah perutnya/sekitar lambung. Yang saya tanyakan:
1. Herba apa yang cocok untuk ibu saya?
2. Adakah cabang di Surabaya untuk mendapakan produk HPA?
3. Saya ingin menjadi anggota HPA, tapi domisili saya di Surabaya di mana saya harus mengurus keanggotaan?

Terima kasih banyak atas jawaban dan perhatiannya.

Wassalamualaikum,

Dodok

Jawaban
Waalaikumsalam Wr. Wb.

Saudara Dodok Yth.,

Biasanya, gatal-gatal yang berkaitan dengan saraf dikenal dengan herpes zoster. Herpes ini lebih banyak menyerang orang-orang yang berusia di atas 50 tahun.

Penyakit yang di kalangan awam populer dengan sebutan dampa, dompo atau cacar ular ini memang biasa menyerang orang berusia lanjut. Virus penyebabnya sama dengan cacar air, yaitu virus variecella zoster.

Herpes zoster hidup dalam jaringan saraf. Kejangkitan herpes zoster dimulai dengan sakit parah pada bagian dada, punggung, atau di mata dan dahi. Kerap terjadi hanya pada satu sisi tubuh. Sehari atau dua hari kemudian, herpes muncul pada daerah kulit yang dihubungkan dengan radang saraf. Lecet kecil terbentuk dan kemudian berkeropeng. Virus dapat disebarkan kepada orang lain ketika lecet tersebut terkoyak.

Pada kasus yang jarang, herpes zoster dapat menyebar ke seluruh kulit atau organ tubuh dalam dan dapat mengakibatkan masalah serius. Pada sebagian besar kasus, herpes dapat hilang dalam 10 hari sampai dua minggu, tetapi sakitnya yang parah dapat bertahan selama beberapa bulan atau tahun.

Bedanya dengan cacar air, herpes zoster memiliki ciri cacar gelembung yang lebih besar dan berkelompok pada bagian tertentu di badan, bisa di bagian punggung, dahi atau dada. Karena masih belum timbul di permukaan kulit, maka gatal-gatal yang disebabkan virus tersebut seolah-olah berasal dari seluruh aliran darah.

Ibu anda bisa mencoba mengonsumsi herba produk HPA seperti Spirulina, Teh Herba dan Health-B. Cara mengonsumsi, minum 2 kapsul Spirulina dan Health-B pada pagi hari dan 3 kapsul pada malam hari, diminum 30 menit sebelum makan atau 2 jam setelah makan. Sementara untuk Teh Herba, ambil 2 uncang Teh Herba diseduh di cangkir yang agak besar, ditutup cangkirnya, lalu diminum ketika hangat, diminum pagi dan malam. Untuk herpes, setiap akan minum Teh Herba, sebaiknya diambil 2 uncang Teh Herba yang baru.