Hamil tapi berat badan turun

Assalaamu’alaikum wr. wb.

Nama saya Nani, sekarang sedang hamil 3 bulan. Ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan mengenai kehamilan:

1. Apakah ibu hamil dengan berat badan yang selalu turun sekitar 2 kg itu normal?
2. Asupan vitamin ayng paling penting untuk ibu hamil yang alami?

Nie

Jawaban
Wa’alaikumsalam Wr. Wb.

Saudari Nie Yth,

Pada tiga bulan pertama kehamilan, seorang wanita biasanya tampak seperti belum hamil. Padahal, sebenarnya telah terjadi banyak perubahan di dalam rahimnya. Di masa inilah berlangsung pembentukan organ janin.

Namun, dari awal kehamilan hingga memasuki bulan ketiga, pengalaman yang dialami setiap wanita berbeda-beda. Ada yang mengalami morning sickness dan ada yang tidak. Kendati demikian, secara umum 50-90% wanita hamil mengalami hal tersebut. Morning sickness sendiri disebabkan oleh turunnya kadar gula dalam darah yang ditimbulkan hormon kehamilan.

Akibat muntah-muntah ini, banyak wanita hamil yang mengabaikan pola makan dan kebutuhan gizinya. Padahal, gizi yang dibutuhkan pada trimester (tiga bulan) pertama ini tidak kalah penting dengan trimester dua dan tiga, sehingga menyebabkan kondisi dan berat badan turun.

1. Tentu tidak normal, seorang wanita yang hamil haruslah mempunyai tubuh yang sehat dengan status gizi yang baik. Sebab, bila tidak, akan berdampak langsung pada janinnya, artinya janin akan memperoleh pengaruh yang buruk.

Pada tiga bulan pertama kehamilan, janin berada dalam periode pembentukan organ, bila status gizi anda tidak baik seperti kekurangan asam folat, mikro element seng, dan zat gizi lainnya, maka pembentukan otakpun tidak bisa berjalan dengan otpimal dan tidak tertutup kemungkinan akan menyebabkan terjadinya cacat bawaan pada susunan saraf pusat dan otak janin. Tentu saja, kelainan tersebut tergantung pada seberapa berat kekurangan gizi sang ibu.

2. Sebaiknya anda banyak mengonsumi sayur-sayuran dan buah-buahan serta ikan. Karena, mereka banyak mengandung mineral dan vitamin yang sangat dibutuhkan tubuh selama kehamilan. Bila anda ingin mengonsumsi herba selama kehamilan, anda bisa menngonsumsi Omega-3 Kapsul, Spirulina dan Madu. Caranya, minum 2 kapsul Omega 3 kapsul dan Spirulina pada pagi hari saja, 30 menit sebelum makan. Sedangkan untuk madu, ambil 2 sendok makan madu, lalu dicampur air hangat atau teh hangat, diaduk hingga rata, kemudian diminum pada pagi hari dan malam menjelang tidur. Jika anda diberikan obat dokter, sebaiknya diminum setelah makan dan jangan dibarengi dengah herba.