Herba Untuk Vertigo

Assalamu’alakum wr. wb.

Pak Toto, saya mau tanya obat Herba apa yang terbaik buat sakit Vertigo karena isteri saya saling mengalami pusing dan sudah beberapa lama mengkonsumsi obat dari dokter (Betasert ), hanya kami khawatir dengan efek sampingnya.

Saya tunggu jawaban dari Bapak secepatnya, dan kalau ada dari mana saya bisa beli karena saya tinggal di Abu Dhabi, apakah ada di sini atau saya bisa minta tolong saudara belikan dari Indonesia dan kirim ke sini.

Terima kasih banyak atas bantuannya.

Wassalamu’alaikum wr. wb.

FJ

Jawaban
Waalaikumsalam Wr. Wb.

Saudara Faris Yth,

Vertigo adalah keadaan pusing yang dirasakan luar biasa. Seorang yang menderita vertigo perasaannya seolah-olah dunia sekeliling berputar (vertigo objektif) atau dia sendiri merasa berputar dalam ruangan (vertigo subjektif).

Perasaan pusing ini selain disertai rasa berputar kadang-kadang disertai mual dan muntah. Bila gangguan ini berat, penderita bahkan tak mampu berdiri atau bahkan terjatuh. Hal ini biasanya disebabkan oleh gangguan keseimbangan.

Keseimbangan tubuh dikendalikan oleh otak kecil yang mendapat informasi mengenai posisi tubuh dari organ keseimbangan di telinga tengah dan mata. Vertigo biasanya timbul akibat gangguan telinga tengah dan dalam atau gangguan penglihatan.

Ada beberapa jenis vertigo berdasarkan penyebabnya. ‘Vertigo epileptica’ yaitu pusing yang mengiringi atau terjadi sesudah serangan ayan; ‘Vertigo laryngea’ yaitu pusing karena serangan batuk, ‘Vertigo nocturna’ yaitu;rasa seolah-olah akan terjatuh pada permulaan tidur, ‘Vertigo ocularis’ yaitu pusing karena penyakit mata khususnya karena kelumpuhan atau ketidakseimbangan kegiatan otot-otot bola mata, ‘Vertigo rotatoria’ yaitu pusing seolah-olah semua di sekitar badan berputar-putar.

Vertigo bukan disebabkan karena penyakit turunan. Tapi, dikarenakan oleh tiga hal. Yaitu gangguan tepi (gangguan pada telinga), gangguan sentral (gangguan pada batang otak, atau otak kecil) dan gangguan sistemik (gangguan metabolisme kardio vaskuler). Karena itu, sebelum memberi obat harus diketahui dulu sifat dan penyebab vertigo itu sendiri.

Misalnya, Gerakan mata yang abnormal menunjukkan adanya kelainan fungsi di telinga bagian dalam atau saraf yang menghubungkannya dengan otak. Nistagmus adalah gerakan mata yang cepat dari kiri ke kanan atau dari atas ke bawah.

Arah dari gerakan tersebut bisa membantu dalam menegakkan diagnosis. Nistagmus bisa dirangsang dengan menggerakkan kepala penderita secara tiba-tiba atau dengan meneteskan air dingin ke dalam telinga.

Untuk menguji keseimbangan, cobalah isteri anda diminta berdiri dan kemudian berjalan dalam satu garis lurus, awalnya dengan mata terbuka, kemudian dengan mata tertutup. Sebab, tes pendengaran seringkali bisa menentukan adanya kelainan telinga yang mempengaruhi keseimbangan dan pendengaran.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan jika terserang vertigo:

1. Yang paling penting, jangan panik begitu gejala vertigo menyerang. Tarik napas dalam-dalam, pejamkan mata, dan segeralah berusaha mencari posisi yang memungkinkan kakak anda berbaring. Jika tidak memungkinkan, maka segeralah duduk.

2. Pastikan isteri anda dalam posisi aman (berpegangan tangan). Tunggu beberapa menit untuk memastikan apakah serangan vertigo berkurang, atau tidak.

3. Jika isteri anda merasa mual dan ingin muntah, maka segeralah mencari bantuan orang-orang di dekat untuk membantunya ke toilet. Pada beberapa kasus, setelah muntah keluhan vertigo ini menjadi berkurang.

4. Ketika bisa berbaring, pertahankan posisi tersebut sampai serangan vertigo berkurang, atau hilang.

5. Buka mata pelan-pelan, lalu coba miringkan badan, atau kepala ke kiri dan ke kanan. Jika dengan manuver ini serangan vertigo ternyata datang kembali, maka itu berarti isteri anda harus segera memejamkan mata, atau kembali ke posisi semula.

Dengan herba bisa menggunakan Omega-3 Softgel, Mengkudu dan Teh Herba. Cara mengonsumsinya, 2 x 2 untuk Omega 3 dan Mengkudu, diminum 30 menit sebelum makan. Sedangkan Teh Herba, ambil 2 uncang (sachet) teh tersebut, diseduh di cangkir, diminum ketika suam-suam kuku. Teh Herba sebaiknya diminum bersama-sama Omega 3 dan Mengkudu. Jika isteri anda masih mengonsumsi obat dokter sebaiknya obat dokter dikonsumsi 30 menit setelah makan, dan jangan diminum dalam waktu yang sama dengan herba.