Kaki Pecah-pecah

Assalamualikum Warahmatullah Wabarakatuh

Pak, saya sering mengalami tumit kaki dan jempol kaki pecah-pecah dan setelah hilang terus muncul kembali. Apa penyebabnya dan apakah obat yang harus saya gunakan? Terima kasih sebelumnya. Wassalamualikum Warahmatullah Wabarakatuh

Ahmad Wanto aw

Jawaban :

Waalaikumsalam Wr. Wb. Saudara Ahmad Wanto Yth,

Salah satu penyebab telapak kaki pecah-pecah adalah jamur. Seringkali dikenali sebagai kutu air/athlete’s foot. Kelembaban yang tinggi menyebabkan jamur mudah tumbuh. Apalagi jika seharian kaki tertutup tanpa sirkulasi yang cukup. Di samping itu, faktor kekeringan pada kulit telapak kaki juga bisa menjadi pemicu terjadinya pecah-pecah pada permukaan kulit. Kulit bisa menjadi lebih sensitif dan peka terhadap gesekan dengan benda lain seperti sendal atau sepatu. Jika kondisi kaki anda memang lembab dan berkeringat, maka body lotion dan batu apung tidak ada gunanya.

Sebab pemicu telapak kaki menjadi pecah-pecah bukan akibat kekeringan kulit. Jadi Anda harus mengobati penyebab sebenarnya yaitu jamur kulit. Biasanya, jamur ini timbul karena jari-jari pada kaki tidak bersih dan lembab. Hal ini ditandai dengan bau tidak sedap ketika membuka sepatu atau kaus kaki. Kondisi lembab memang sangat digemari oleh jamur untuk berkembang biak dan menyebar ke tempat-tempat lain di telapak kaki. Terutama pada musim panas yang menyebabkan kaki sering berkeringat.

Oleh karena itu, rajin mengganti kaus kaki merupakan solusi yang tepat untuk menghindari kaki terus berkeringat. Selain penyebabnya jamur, bisa jadi telapak kaki pecah-pecah juga disebabkan oleh faktor keturunan. Ada baiknya anda mengecek apakah ada anggota keluarga anda dari kakek nenek, bapak ibu, saudara-saudara lainnya yang menderita penyakit yang sama.

Cara terbaik untuk mencegah kulit pecah-pecah menjadi lebih terbuka, sebaiknya anda tetap menjaga kekeringan pada telapak kulit anda, bila sesudah mandi atau berwudhu segera keringkan dengan menggunakan keset atau handuk kecil. Dan, selalu menggunakan sandal terutama bila berada di dalam rumah. Di samping itu, perbanyaklah mengonsumsi vitamin riboflavin (B2) dan Niacin (B3). Sumber pangan yang kaya akan vitamin B2 ini adalah susu, daging, hati, ginjal, jantung, keju, telur, ikan, kedelai dan sayur-sayuran yang berwarna hijau. Fungsi vitamin B2 selain terlibat dalam pembentukan produksi energi di dalam tubuh juga juga menjaga kesehatan kuluit, kuku, rambut, mulut bibir dan tenggorkan. Sedangkan niacin atau vitamin B3 terdapat pada hati, dagin, telur, ikan dan kacang tanah. Serta, kacang-kacangan, susu dan alpukat. Bila tubuh kekurangan vitamin B3, maka salah satu cirinya adalah gangguan pada kulit, baik berupa dermatitis ataupun kulit pecah-pecah dan bersisik.

Di samping itu, anda bisa mencoba menggunakan ramuan Garam Bukit dan Sambiloto. Cara memakainya, ambil satu sendok teh Garam Bukit dan Sambiloto lalu campurkan di ember atau baskom berisi air secukupnya supaya bisa merendam kaki anda, aduk hingga rata, lalu rendamlah kaki anda hingga 30-45 menit. Lakukan hal ini pagi dan sore atau malam, bekas air rendaman pagi hari sebaiknya dibuang dan jangan dipakai dua kali.