Kurus Karena Genetik

Pak Toto, saya mau menyampaikan rasa sedih saya. Kata bapak kurus itu bisa karena keturunan/ genetik. Kebetulan saya adalah yang termasuk mempunyai ayah dan ibu yang berbadan langsing. Apakah saya tidak bisa mempunyai berat badan yang ideal, apakah saya akan kurus terus menerus? Apakah benar, pak?

Nunung

Jawaban
Saudari Nunung Yth.,

Masalah genetika, diakui atau tidak, sering menjadi faktor terhadap berbagai masalah kesehatan. Jika dari orang tua, kakek-nenek anda ada yang kurus, maka sifat bawaan itu akan menurun pada anak atau cucunya, walau sifat bawaan itu pada dasarnya tidak bersifat merata pada semua. Alhasil, yang kebetulan terkena carrier itu akan sulit gemuk meski sudah berupaya sedemikian rupa untuk meningkatkan berat badan.

Sebenarnya anda tidak perlu terlalu sedih dengan kondisi anda sekarang ini, cobalah lihat berapa banyak wanita-wanita yang menghamburkan banyak uang untuk sekadar melangsingkan tubuh mereka yang gemuk. Nah, biar badan anda kurus yang penting sehat dan tidak penyakitan. Untuk kelihatan gemuk, anda bisa mengatasi dengan pakaian yang lebih besar.

Di samping itu, tidak ada salahnya bila anda mencoba merubah pola makan anda. Sebab kecukupan gizi merupakan salah satu faktor penting untuk menambah berat badan. Nutrisi bisa merangsang pertumbuhan massa otot dan menaikkan kadar lemak dengan pola seimbang. Cobalah dengan cara yang alami yaitu makan yang cukup baik dalam jumlah maupun gizinya. Makanan harus mengandung karbohidrat (nasi putih, kentang, roti gandum, dan sebagainya) dan protein (dada ayam, putih telur, ikan-ikanan, dan sebagainya) agar pertambahan berat badan berkualitas(bukan menambah lemak). Hindari makanan yang mengandung lemak, gula, garam, mecin yang berlebihan.

Olahraga teratur setiap hari sangat membantu mengembangkan massa otot. Lakukan olahraga sesuai dengan kemampuan selama 30-45 menit. Olahraga tidak hanya membantu membentuk tubuh sesuai dengan massa otot, tapi juga bisa membuat kerja jantung dan paru-paru menjadi lebih baik.