Pengobatan Stroke

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamu’alaikum wr. wb.

Langsung saja, kira-kira 8 bulan yang lalu ibu saya kena stroke, dan sempat dirawat selama 2 minggu di rumah sakit. Selama perawatan, alhamdulillah sudah ada kemajuan untuk kesembuhan.

Awalnya ibu saya terserang stroke adalah merasa pusing dan memang tekanan darahnya tinggi. Waktu kena stroke tekanan darahnya 200 tapi tidak menyebabkan tubuh ibu saya mati rasa dan semua organ tubuhnya bisa digerakan.

Selama perawatan 8 bulan ini alhamdulillah sudah ada kemajuan yang berarti untuk kesehatan ibu saya, yang menjadi pertanyaan saya adalah:

1. Apabila seseorang terkena stroke apakah bisa sembuh total seperti semula? Perlu bapak ketahui, bahwa kadang-kadang ingatan ibu saya lupa. Pernah dan bahkan sering saya kerap dipanggil dengan nama abang saya yang kedua, begitu sebaliknya. Untuk mengingatkan kembali agar orangtua saya tidak lupa nama-nama anaknya, apa dan terapi apa yang harus saya lakukan?

2. Apakah ada produk herba yang dapat meyembuhkan penyakit stroke, asma (ibu saya juga terkena asma) dan tekanan darah tinggi?

Demikianlah pertanyaan ini saya sampaikan, atas jawaban dari bapak saya ucapkana jazakumullah khairan katsiro

Wassalamu’alaikum wr. wb.

Afri Gm

Jawaban
Waalaikumsalam wr. wb.

Saudara Afri GM Yth,

Stroke adalah penyakit yang disebabkan oleh adanya gangguan pada pembuluh darah otak. Gangguan tersebut dapat berupa sumbatan dan robeknya pembuluh darah otak tersebut. Darah tinggi merupakan salah satu penyebab stroke yang paling utama.

Stroke yang dialami oleh ibu anda menurut klinis adalah stroke iskemik atau penyempitan pembuluh darah. Penyempitan pada pembuluh darah ini disebabkan oleh adanya bekuan darah dari bagian tubuh yang lain (terutama jantung) yang mengalir ke arah otak. Penyempitan baru terjadi ketika bekuan tersebut sulit melalui pembuluh darah otak yang kecil, sehingga bekuan tersebut berhenti di pembuluh tersebut yang menimbulkan blokade pada aliran darah.

Blokade bekuan ini bisa terjadi pada satu atau lebih pada pembuluh darah otak yang menyebabkan terjadi penyempitan pada pembuluh darah sehingga menjadi stroke. Bekuan darah tersebut juga dapat disebabkan oleh pembuluh darah yang tidak sehat, misalnya adanya penumpukan lemak dan kolesterol.

1. Hal ini tergantung dari tingkat serangan stroke yang dialami, jika masih bertaraf ringan, insya Allah masih bisa disembuhkan. Tapi, dengan catatan, tekanan darah ibu anda stabil. Kestabilan tekanan darah dipengaruhi banyak faktor, selain pola makan yang sehat, juga suasana bathin dapat mempengaruhi naik turunnya tensi ibu anda. Oleh karena itu, banyak-banyaklah membuat gembira hati ibu anda. Dalam suatu hadist, Rasullulah bersabda, “Barang siapa yang memandangi ibunya dengan rasa tulus dan sayang, maka akan diberi ganjaran dengan satu haji umroh.”

Perasaan bahagia dan senang, tidak hanya bisa mempengaruhi suasana bathin, tapi juga bisa memperbaiki sistem metabolisme tubuh dan menormalisasi kerja hormon menjadi jauh lebih baik. Itulah sebabnya orang yang murah senyum jarang jatuh sakit.

Bila ibu anda sekarang mudah lupa, hal ini disebabkan adanya gangguan pada sel saraf otaknya. Pada penderita stroke, maka sekitar 1,9 juta sel saraf otaknya akan terganggu tiap menit dan otak menjadi lapar oksigen karena oksigen berkurang tiap jamnya. Karena gangguan tersebut, mengakibatkan fungsi otak menurun seperti mudah lupa (dimensia), tidak kuat berpikir lama, jenuh mengerjakan hal-hal yang berkaitan dengan angka seperti matematika, akuntansi dan sebagainya.

2. Ada beberapa cara alami yang dapat dikonsumsi oleh ibu anda, yakni dengan banyak mengkonsumsi jus tomat, sebanyak 3 kali sehari. Sebaiknya biji tomat jangan dibuang, tetap dijus bersama buahnya. Karena justru bizinya yang mengandung senyawa untuk menggempur penyumbatan pembuluh darah otak. Jika ingin menambah rasa, bisa menggunakan madu untuk pemanis. Jus tomat ini jangan dicampur es.

Sedangkan untuk herba, bisa mengonsumsi Omega-3 Softgel, Mengkudu, Teh Herba dan Madu. Cara mengonsumsi, ambil 2 kaspul Omega 3 gel dan Mengkudu untuk pagi dan sore, diminum 30 menit sebelum makan. Teh Herba diseduh di cangkir dan bisa dicampur 2 sendok madu, lalu diaduk hingga rata dan ditutup. Diminum ketika hangat bersama-sama Omega 3 dan Mengkudu.